Selamat Datang Di Website Saya, Yuditha Anggraeni Affandi Skom., MMSI

Seorang manusia yang sedang berproses untuk menjadi lebih baik. Ibu dari 3 anak ganteng dari suami ganteng Aceng Luqman Taufiq. pernah belajar di Komunitas Bisnis Dari Rumah, BISMA Center, Click To Bricker dan Women OPTIMIZer. Sempat jadi staff tetap di salah satu Universitas swasta selama 12 tahun sebelum menemukan passionnya. Saat ini masih menjadi freelance Konsultan Umroh dan Haji, Konsultan Website Komunitas dan Sosial Media, dan sangat menikmati proses pekerjaannya. Berharap ingin menjadi ibu terbaik, istri terbaik dan mengharap Ridho Allah, karena Ridho Allah adalah KEBERUNTUNGAN yang TERBESAR...

Tuesday, June 10, 2014

Umroh Harga Rasional itu seperti apa sih ?

Saya sering sekali ditanya, berapa sih biaya umroh tahun ini ? Bisa gak sih saya berangkat umroh hanya dengan 13 juta ? Pertanyaan-pertanyaan semacm ini serng sekali saya temui sejak saya menjalani profesi sebagai marketing sekaligus konsultan umroh dan haji. Saya jadi ingin menulis Umroh harga yang Rasional itu apa sih ? 



Teman-teman, tahukah bahwa biaya umroh memang seharusnya murah, tidak boleh mahal ? Ini yang seharusnya diedukasi kepada masyarakat. Tapi tentu saja biayanya tidak sembarangan murahnya, tetapi murahnya itu adalah murah yang rasional. 

Rasional itu yang bagaimana sih ? Menurut saya ada 2 hal pengertian rasional itu. Yang pertama Rasional adalah biaya yang dibayarkan oleh calon jamaah memang cukup untuk membiayai ongkos produksi umroh baik itu tiket, visa, LA beserta profit yang wajar. Yang kedua, rasional dalam arti tidak dzolim kepada jamaah, dalam arti dari awal jamaah sudah diedukasi dan memahami paket umroh yang akan dipilihnya.

Berapa kisaran biaya umroh yang Rasional ?
Paket Hemat  : $1600 - $1750
Paket Backpacker : $1400
Paket Reguler : $1750 - $1900
Paket VIP : $2000 - $2500

Nah, kalau ada biaya umroh rasional, bagaimana ciri-ciri  biaya umroh yang tidak rasional ?.

Berikut ciri-ciri biaya umroh yang tidak rasional (menurut pendapat saya lho) :) 

1. Pembayarannya pakai rupiah dengan biaya paket all in hanya 10 juta - 18 juta.
    Menurut saya, pembayaran dengan rupiah "agak berbahaya". Karena kurs rupiah terhadap dollar yang sangat tidak stabil, kenaikan  harga tiket penerbangan, visa bahkan hotelnya pun menggunakan dollar, jadi agak beresiko saat sebuah travel memberikan harga publish biaya umroh dalam bentuk rupiah.

2. Pembayaran DP yang sangat kecil, misalkan hanya 500 ribu s/d 1 juta dan batas tenggang waktu Pelunasan dengan waktu keberangkatan terbentang jauh antara 7 s/d 2 tahun baru berangkat.
   Nah jika ada biro perjalanan umroh yang berani pasang harga untuk DP dengan sangat murah, teman-teman harus berhati-hati. Biaya DP minimal yang rasional adalah $150 - $250, biasanya digunakan oleh pihak biro perjalanan untuk booking tiket pesawat, sehingga aman untuk keberangkatan.
   Jika ada biro perjalanan yang memberlakukan pelunasan jauh-jauh hari, selidiki dulu, apakah biro perjalanan tersebut memiliki kekuatan finansial yang kuat, atau apakah biro perjalanan tersebut mempunya perusahaan lain yang menjalankan bisnis real, artinya bisnis yang mempunyai keuntungan tetap per bulan sehingga dari keuntungan bisnis real mereka bisa untuk menutupi biaya umroh yang seharusnya.

3. Spesifikasi paket yang ditawarkan tidak jelas dan cenderung asal catut nama hotel / maskapai. Sedangkan harga hotel dan jenis maskapai berbeda-beda.
   Untuk mengetahui paket yang ditawarkan, bertanyalah kepada biro perjalanan umroh yang anda pilih fasilitas apa yang anda dapatkan. Biaya umroh bervariasi karena tergantung dari maskapai yang digunakan, hotel yang digunakan serta musim umroh saat berangkat apakah low season atau high season

Nah, buat teman-teman yang sudah berniat kuat ke Tanah Suci, tapi masih bingung memilih paket umroh apa yang sesuai, silakan hubungi saya di 021-70010064 (hari dan jam kerja saja ya) atau bisa melalui email TanyaUmroh@gmail.com

Semoga yang membaca tulisan saya ini semuanya dimudahkan ke Baitulloh, Aamiin Ya Rabb..... :)